Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Kooperatif Tipe Tari Bambu pada Siswa Kelas II SD Negeri Mangunsari 01 Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Kornelius
Other Authors: Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8175
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model kooperatif tipe Tari Bambu dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas II SD Negeri Mangunsari 01 Salatiga semester II tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Mangunsari 01 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga dengan jumlah siswa 40 orang. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan presentase. Analisis ini digunakan untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe tari bambu untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa kelas II SD Negeri Mangunsari 01 Salatiga.Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas II SD Negeri Mangunsari 01 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga pada kondisi awal atau pra siklus, nilai hasil belajar yang diperoleh siswa berada di bawah KKM ada 13 siswa dengan presentase 32,5% dan yang mencapai nilai KKM ada 27 siswa dengan presentase 67,5%, sedangkan pada siklus I jumlah siswa dibawah nilai KKM ada 6 siswa dengan presentase 15% dan siswa jumlah siswa yang mencapai nilai KKM ada 34 siswa dengan presentase 85%, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM ada 1 siswa dengan presentase 2,5% dan yang sudah mencapai nilai KKM ada 39 siswa dengan presentase 97,5%. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan menerapkan model kooperatif tipe Tari Bambu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas II SD Negeri Mangunsari 01 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga pada materi IPA tentang sumber energi dan kegunaannya.