Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Watu Agung 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Sema, Aruta |
---|---|
Other Authors: | Harjono, Nyoto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8174 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran IPA yang disampaikan oleh guru lebih banyak menggunakan metode konvensional dan belum menggunakan alat peraga dalam menyampaikan materi gaya. Keadaan ini membuat siswa menjadi kesulitan untuk memahami materi pelajaran sehingga peserta didik kurang antusias, siswa menjadi pasif dan bosan dalam pembelajaran. Sehingga hasil belajar IPA siswa menjadi rendah, hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai siswa yang nilainya dibawah KKM (65) sebanyak 73%. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa dalam pembelajaran pada siswa kelas 4 SDN Watu Agung 01 tahunpelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan menggunakan model penelitian dari Kurt Lewis yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan ,observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 SDN Watu Agung 01 yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan dengan karakteristik yang berbeda-beda. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa lembar evaluasi, sedangkan teknik non tes berupa observasi dan dokumentasi. Indikator keberhasilan pada penelitian ini bila rata-rata nilai hasil belajar IPA siswa lebih tinggi dari KKM 65 dan ketuntasan (80%). Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 4. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar IPA siswa dari kondisi awal, siklus I dan siklus II. Pada kondisi awal nilai rata-rata siswa yaitu 56, memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM=65) berjumlah 4 siswa (27%) dan yang belum memenuhi KKM berjumlah 11 siswa (73%). Pada pembelajaran Siklus I dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing, siswa yang nilainya sudah memenuhi KKM meningkat menjadi 10 siswa (67%), sedangkan siswa yang belum memenuhi KKM berjumlah 5 siswa (33%). Pada pembelajaran Siklus II siswa yang sudah memenuhi KKM berjumlah 13 siswa (87%) dan siswa yang tidak memenuhi KKM berjumlah 2 siswa (13%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 4 SDN Watu Agung 01.