Penerapan Metode Kumon untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Tengaran 01 Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Sormin, Martalina Roma Uli
Other Authors: Slameto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8159
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar, hasil belajar matematika dan membuktikan bahwa komponen dalam Metode Kumon dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Tengaran 01 Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang semester II tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tengaran 01 yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan observasi. Adapun teknik analisis data hasil observasi penerapan Metode Kumon dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data motivasi dan hasil belajar dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif, untuk membandingkan pencapaian hasil belajar mulai dari pra siklus, siklus I , dan siklus II digunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar sebesar 100% dengan tidak terdapat siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dan hasil belajar matematika meningkat sebesar 87,80% setelah pembelajaran Metode Kumon. Saran dalam penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan metode kumon untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa yang semula nilainya tidak tuntas menjadi tuntas dan menambah penguasaan guru terhadap strategi pembelajaran dengan model pembelajaran yang variatif.