Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran IPA Kelas 5 Semester 2 SD Negeri Kronggen 1 Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Main Author: Pusporini, Liana Dewi
Other Authors: Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8152
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model cooperative learningtipe jigsawdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas 5 Semester 2 SD Negeri Kronggen 1 Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil melalui tes pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan meningkat dengan KKM= 60, berikut datanya: pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa dengan persentase 20%, siklus 1 siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dengan persentase 60%. Hasil penelitian siklus 2 yaitu siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa dengan persentase 100%. Penelitian diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 di SD Negeri Kronggen 1 Brati.Pokok bahasan tanah, air dan alam sekitar. Saran yang dapat diajukan adalah model pembelajaran dengan cooperative learningtipe jigsaw dapat dilaksanakan guru untuk hasil belajar.