Pengaruh Penggunaan Model Examples Non Examples Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 5 SD Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Kusdiyanto, Nopi Dwi
Other Authors: Suroso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8149
Daftar Isi:
  • Model pembelajaran inovatif sangat diperlukan dalam pembelajaran, karena dengan menggunakan model pembelajaran inovatif dalam proses pembelajaran akan tercipta suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Selai model pembelajaran inovatif media dalam proses pembelajaran juga membawa pengaruh positif dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah perbedaan pengaruh yang signifikan antara penerapan model Examples Non Examples berbantu media gambar dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah berbantu media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SD Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) semester 2 tahun pelajaran 2012/2013. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan pengaruh yang signifikan antara penerapan model Examples Non Examples berbantu media gambar dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah berbantu media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SD Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) semester 2 tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan desain Two Group Posttest Only Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri 1 Kapung yamg berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperiman dan siswa kelas 5 SD Negeri 2 Kapung yamg berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, teknik observasi dan metode dokumentasi. Sedangkan intruman yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes hasil belajar. Analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan uji t dengan bantuan SPSS for windows version 18.0. Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara penerapan model examples non examples berbantuan media gambar dengan metode ceramah berbantuan gambar terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SDN 1 Kapung dan SDN 2 Kapung semester 2 tahun pelajaran 2012/2013. Simpulan didapat dari hasil uji t dengan Independet Samples T Test yang hasilnya nilai probabilitas signifikansi (<0,05) yaitu 0,002, maka dapat dikatakan terdapat perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Sedangkan perbedaan rata-rata sebesar 11,730 yang diperoleh dari upper-lower yaitu 4,613-18,848.