Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournament (TGT) Kelas 4 SDN Karanganyar 01 Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Maulidah, Siti Fadhilatul |
---|---|
Other Authors: | Pirenomulyo |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8142 |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah dengan pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament(TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD N Karanganyar 01 semester II tahun pelajaran 2012/2013? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kooperatif tipe Teams- GamesTournament(TGT) pada mata pelajaran IPA kelas IV SD N Karanganyar 01 semester II tahun pelajaran 2012/2013. Berdasarkan tujuan tersebut maka hipotesis dalam penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament(TGT) diduga dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas IV di SD N Karanganyar 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas model TeamsGames-Tournament(TGT) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan serta refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dari kondisi Pra Siklus ke Siklus I, dari Siklus I ke Siklus II setelah dilakukannya tindakan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament(TGT). Pada kondisi awal ketika belum diadakannya tindakan, Ketuntasan Hasil Belajar sebelum dilaksanakannya perbaikan pembelajaran adalah 40%, sedangkan pada Siklus I Ketuntasan Hasil Belajar mengalami peningkatan menjadi 55%, pada Siklus II Ketuntasan Hasil Belajar meningkat menjadi 73% dan pada Siklus III Ketuntasan Hasil Belajar meningkat menjadi 95%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament(TGT) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA SD N Karanganyar 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2012/2013.