Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Alat Peraga Bangun Datar Berdasarkan Prinsip Pembelajaran Matematika Realistik Siswa Kelas V Semester II SDN Mangunsari 06 Salatiga
Main Author: | Nurinayah |
---|---|
Other Authors: | Hardjono, Nyoto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/814 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan sifat-sifat bangun datar menggunakan alat peraga bangun datar berdasarkan prinsip Pembelajaran Matematika Realistik Siswa Kelas V Semester II SDN Mangunsari 06 Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Mangunsari 06 Salatiga yang berjumlah 14 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri tiga pertemuan. Setiap siklus ada empat tahap yakni tahap perencanaan, pelaksanan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh adalah terjadi peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan sifat-sifat bangun datar siswa kelas V semester II. Hasilnya dapat dilihat pada rata-rata kondisi awal 62,5, siklus I 84,14, dan siklus II 85,14. Peningkatan hasil belajar matematika pada kondisi awal ke siklus I sebesar 35,72% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 14,28%.Dengan nilai maksimal kondisi awal 82 dan nilai minimalnya 49, pada siklus I dengan nilai maksimal 100 dan nilai minimalnya 34, dan pada siklus II dengan nilai maksimal 100 dan nilai minimal 67. Pada saat mengikuti pembelajaranpun siswa lebih aktif, serta siswa dapat belajar untuk mengeluarkan pendapat hasil diskusi di depan kelas. Siswa lebih senang dan tertarik mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga bangun datar. Penggunaan alat peraga bangun datar berdasarkan prinsip pembelajaran matematika realistik dapat memudahkan pencapaian kompetensi dasar bagi siswa sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan. Dengan demikian dapat dikatakan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga bangun datar berdasarkan prinsip pembelajaran matematika realistik yang dilakukan pada siswa kelas V SDN Mangunsari 06 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga dapat meningkatkan hasil belajar matematika.