Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA dengan Menggunakan Model Two Stay Two Stray Kelas 4 SDN Sidorejo Lor 04 Salatiga Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Hanani, Dewi
Other Authors: Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8137
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar IPA tentang “Energi dan Penggunaannya” melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada siswa kelas 4 SDNegeri Sidorejo Lor 04 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidorejo Lor 04 Salatiga.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 22 siswa.Model PTK yang digunakan adalah Model Kemmis dan Target dengan dua siklus dan langkah-langkah dari perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Teknik analisis yang digunakan statistik sederhana yaitu distribusi frekuensi,skor maksimal, skor minimal dan presentase.Hasil analisis menunjukkan bahwa ada peningkatan belajar dari kondisi awal ke siklus 1 sampai ke siklus 2. Dilihat dari rata-rata kelas pada pra siklus tidak ada ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus 1 dan siklus 2 terjadi ketuntasan belajar. Hal ini disebabkan karena adanya tindakan di dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Disarankan guru harus mengetahui variasi strategi belajar mengajar yang tepat dan harus aktif dalam memotivasi siswa dalam belajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu dalam penerapan pembelajaran model kooperatif tipeTwo Stay Two Stray ini guru perlu memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan memberikan bimbingan belajar secara individu maupun kelompok.