Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Memanfaatkan Alat Peraga Tiga Dimensi Kelas 5A SD Negeri Sidorejo Lor 01 Semester II Tahun 2012/2013

Main Author: Suprapto
Other Authors: Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8129
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penggunaan metode kooperatif tipe Numbered Heards Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas 5A Semester II SD Negeri Sidorejo Lor 01 Tahun 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), karena merupakan penelitian yang memerlukan tindakan untuk menanggulangi masalah dalam bidang pendidikan. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian kolaborasi. Jenis penelitian tindakan kelas kolaborasi adalah penelitian yang bekerja sama antara peneliti dengan guru kelas. Dalam penelitian ini terdapat empat tahap pelaksanaan penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, tindakan,pengamatan, refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan dua siklus. Pada siklus Idan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan menggunakan teknik analisis data persentase. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar Kelas 5A Semester II Tahun 20012/2013. Melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Togetherdapat dilihat pada siklus I dan siklus II. Sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Togetherdari 30 siswa dengan KKM yaitu = 70 terdapat 20 siswa dengan persentase 67% belum mencapai KKM dan 10 dengan persentase 33% siswa yang mencapai KKM. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Togethermengalami peningkatan hal ini ditunjukan pada siklus I sebanyak 17 siswa dengan persentase 57% sudah tuntas dan sebanyak 13 siswa dengan persentase 43% belum tuntas. Pada siklus II sebanyak 27 siswa dengan persentase 90% sudah tuntas dan sebanyak 3 siswa dengan persentase 10% belum tuntas. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Togetherdengan memanfaatkan alat peraga tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar kelas 5A SD Negeri Sidorejo Lor 01 Semester II Tahun 2012/2013.