Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Kooperatif Tipe Make a Match pada Pelajaran Matematika Kelas V SD Kanisius Cungkup Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Annisa, Tania Chandra
Other Authors: Slameto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8120
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Rendahnya hasil belajar tersebut dikarenakan metode pembelajaran yang bersifat konvensional. Peneliti akan melakukan tindakan untuk mengatasi masalah dengan menerapkan metode kooperatif tipe Make A Match yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Kanisius Cungkup Salatiga pada semester 2 tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan metode kooperatif tipe Make A Match dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan yang dilakukan pada siswa kelas V SD Kanisius Cungkup Salatiga yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil belajar prasiklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan, ada 7 siswa (38,89%) tuntas dan 11 siswa (61,11%) belum tuntas dengan rerata 60,83. Pada siklus I, siswa yang tuntas menjadi 12 siswa (66,67%), siswa yang belum tuntas menjadi 6 siswa (33,33%) dengan rerata 69,17. Pada siklus II siswa yang tuntas menjadi 16 siswa (88,89%), siswa yang belum tuntas menjadi 2 siswa (11,11%) dengan rerata 79,12. Hasil observasi siswa pada siklus I pertemuan 1 menunjukkan persentase 57%, pada pertemuan 2 menunjukkan persentase 62%. Pada siklus II, pertemuan 1 menunjukkan persentase 73 %, pada pertemuan 2 menunjukkan persentase 82 %. Hasil observasi guru pada siklus I pertemuan 1 menunjukkan persentase 63%, pada pertemuan 2 menunjukkan persentase 72 %. Pada siklus II, pertemuan 1 menunjukkan persentase 80%, pertemuan 2 menunjukkan persentase 87%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan metode kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Kanisius Cungkup Salatiga semester 2 tahun pelajaran 2013/2014. Saran dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe Make A Match dapat digunakan sebagai alternatif dalam kegiatan belajar mengajar.