Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SDN Noborejo 01 Semester II Tahun Akademik 2012/2013

Main Author: Kustiyani, Wiwin
Other Authors: Harjono, Nyoto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8115
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran Matematika yang disampaikan oleh guru lebih banyak menggunakan metode konvensional. Keadaan ini membuat siswa menjadi kesulitan untuk memahami materi pelajaran sehingga pembelajaran kurang antusias, siswa menjadi pasif dan banyak yang menganggap mata pelajaran Matematika sebagai mata pelajaran yang menakutkan. Sehingga hasil belajar Matematika siswa rendah, hal ini ditunjukkan dengan siswa yang nilainya dibawah KKM (65) sebanyak 63%.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas 5 SDN Noborejo 01 tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan desain penelitian menurut Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi. Penelitian ini terdi ri dari 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Noborejo 01 yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan dengan karakteristik yang heterogen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknis tes dan non tes. Teknis tes berupa lembar evaluasi yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran sedangkan teknis non tes berupa observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, pembelajaran mengacu pada langkahlangkah model pembelajaran STAD yang terdiri atas enam tahapan yaitu penyampaian tujuan dan motivasi, pembagian kelompok, presentasi dari guru, kerja tim, kuis dan penghargaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas 5. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal, siklus I dan siklus II. Pada kondisi awal nilai rata-rata siswa yaitu 58,76 memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM=65) berjumlah 19 siswa (37%) dan yang belum memenuhi KKM berjumlah 11 siswa (63%). Pada pembelajaran Siklus I dengan menerapkan model pembelajaran STAD, siswa yang nilainya sudah memenuhi KKM meningkat menjadi 23 siswa (76%) sedangkan siswa yang belum memenuhi KKM berjumlah 7 siswa (24%). Pada pembelajaran siklus II siswa yang sudah memenuhi KKM berjumlah 28 (94%) dan siswa yang tidak memenuhi KKM berjumlah 2 (8%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika siswa kelas 5SDN Noborejo 01.