Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Media Power Point Siswa Kelas 4 SDN 1 Tempel Kecamatan Jepon Blora Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Murnanto, Roy Anggara
Other Authors: Wasitohadi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8111
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran yang dilakukan guru masih bersifat konvensional dan berorientasi pada target penyampaian materi. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran masih sangat minim. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Pembelajaran Matematika Realistik berbantuan Media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD Negeri 1 Tempel Kecamatan Jepon Kabupaten Blora. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD N 1 Tempel dengan 29 siswa yang terdiri dari 16 siswa putri dan 13 siswa putra. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis ketuntasan dan analisis komparatif hasil belajar. Pembelajaran Matematika Realistik berbantuan Media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD N 1 Tempel Kecamatan Jepon Kabupaten Blora. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perbandingan hasil belajar kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Pada kondisi awal, hanya 9 siswa yang nilainya mencapai KKM (KKM=70) atau 31,03% dari jumlah keseluruhan siswa. Nilai rata-rata yang diperoleh pada kondisi awal hanya 60,41dengan nilai terendah 35 dan nilai tertinggi 86. Sedangkan 20 siswa atau 68,97% dari keseluruhan jumlah siswa belum mencapai KKM. Pada siklus I, sebanyak 19 siswa (65,52%) telah mencapai ketuntasan, dan 10 siswa (34,48%) masih belum tuntas. Rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I adalah 74,48 dengan nilai terendah 45 dan nilai tertinggi 95 Pada siklus II, siswa yang tuntas atau mendapatkan nilai di atas KKM sebanyak 25 siswa (86,21%), sedangkan 4 siswa (13,79%) masih belum tuntas. Nilai rata-rata pada siklus II adalah 78,45 dengan nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 95. Untuk itu, penulis menyarankan supaya Pembelajaran Matematika Realistik dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika dan Media Power Pointjuga dapat digunakan sebagai media alternatif untuk menambah keefektifan dalam pembelajaran matematika.