Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Lamper Kidul 01 Semarang Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Listiyaningsih, Dwi
Other Authors: Sunardi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8106
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penggunaan metode eksperimen pada siswa kelas 5 SD Negeri Lamper Kidul 01 Semarang Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah classroom action researchdengan subjek penelitian siswa kelas 5 SD yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 19 siswa lakilaki dan 17 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa skor rata-rata kelas tes hasil belajar IPA mengalami peningkatan dari pratindakan ke siklus I sebesar 11,81 yaitu dari 54,44 meningkat menjadi 66,25. Sedangkan skor rata-rata kelas tes hasil belajar IPA dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 17,35 yaitu dari 66,25 meningkat menjadi 83,60. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SD Negeri Lamper Kidul 01 Semarang Semester Genap Tahun Ajaran 2012/ 2013.