Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas 5 Semester 2 di SDN Salatiga 03 Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Wardana, Artya Dwi Kusuma |
---|---|
Other Authors: | Sulistyowati |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8096 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA kelas 5 semester 2 di SDN Salatiga 03. Penelitian ini merupakam penelitian eksperimen dan desain yang digunakan quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SDN Salatiga 03 dan SDN Salatiga 10. Dalam peneitian ini kelas 5 SDN Salatiga 03 sebagai kelas ekspermen yang berjumlah 39 siswa, dan kelas 5 SDN Salatiga 10 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 37 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah test. Berdasarkan hasil analisis nilai pretest(soal materi sebelumnya)kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa kedua kelompok tersebut homogen, dilihat dari nilai sig.0,426 > 0,05. Artinya data memiliki varian yang tidak berbeda secara signifikan sehingga kelompok eksperimen dapat diberi perlakuan yaitu dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah. Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sampel T Testuntuk menguji beda rata-rata. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan pada nilai posttestkelompok eksperimen dan kontrol diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0ditolak dan H1diterima, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas 5 SDN Salatiga 03 dengan prestasi belajar pada siswa kelas 5 SDN Salatiga 10, maka perlakuan yang diberikan dapat berpengaruh signifikan.Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa daripada pembelajaran yang menggunakan metode konvensional atau ceramah. Disarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.