Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas III SD Negeri Plobangan Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Desada, Samuel
Other Authors: Sumiyarso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
IPS
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8091
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bagi siswa kelas III SD Negeri Plobangan Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo Semester II Tahun Ajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart,langkah perencanaan tindakan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan tindakan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar, sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media gambar. Hasil penelitian menemukan bahwa peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Plobangan kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo Semester II Tahun Ajaran 2012/2013, dapat diupayakan dengan penggunaan media gambar. Hal ini tampak dari peningkatan hasil belajar yang tuntas sesuai KKM Siklus I siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM=65) sebanyak 12 siswa atau 63,15% dan 7 atau 36,87% siswa yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Pada Siklus II siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM=65) sebanyak 16 siswa atau 84,22% dan yang tidak tuntas ada 3 atau 15,78%.