Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Student Fasilitator and Explaining pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Kalibeji 01 Kecamatan Tuntang Kebupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Jalai, Stephanie Wenda
Other Authors: Sulistyowati
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
IPA
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8081
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model student fasilitator and explainingdikelas 5SD Negeri Kalibeji 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakkan kelas dengan menggunakan model spiral (model Kemmis dan Taggart) dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, penerapan dan observasi dan diakhiri dengan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Kalibeji 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang berjumlah 23 siswa dengan KKM=65. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observsi, dokumentasi, tes hasil belajar dan wawancara. Tes formatif pada siswa kelas 5 SD Negeri Kalibeji 01 yang dilaksanakan pada akhir proses belajar-mengajar untuk melihat tingkat keberhasilan belajar siswa kelas 5 SD Negeri Kalibeji 01, adapun instrumen yang digunakan adalah soal tes (evaluasi) hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa melalui penerapan model student fasilitator and explaining, ternyata dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SD Negeri Kalibeji 01. Hal ini tampak adanya peningkatan dari awal (pra siklus) yaitu 71.86% atau 13 siswa yang telah mencapai =KKM, pada siklus I meningkat menjadi 82.91 atau 22 siswa yang mencapai nilai =KKM kemudian siklus II 100% atau 23 siswa mencapai nilai =KKM.