Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode NHT (Numbered Heads Together) pada Siswa Kelas V SDN Kebonagung 03 Sumowono Semester II Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Nugroho, Muhammad Agung Setyo
Other Authors: Hardjono, Nyoto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8078
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi ”Gaya” hasil nilai tes evaluasi siswa masih berada di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM=65). Dari 21 siswa yang mendapat nilai lebih dari 65 hanya 8 siswa. Dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan metode yang konvensional dalam hal ini proses pembelajaran lebih banyak hanya mendengar apa yang disampaikan guru. Untuk melakukan upaya perbaikan proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA dengan Metode NHT (Numbered Heads Together) yang merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik serta meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas jenis kolaborasi. Peneliti sebagai pemberi ide dan obsever, sedangkan guru kelas yang melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan langkah perencanaan, tindakan observasi, refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Pada siklus I dan siklus II masingmasing terdiri dari tiga pertemuan. Hasil belajar dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif kemudian hasilnya dianalisis dengan deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan pemberian tes dan observasi. Pemberian tes digunakan untuk mengukur hasil belajar, sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan guru dan siswa saat proses belajar mengajar berlangsung. Adapun indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 100% dari seluruh siswa mendapat nilai =65. Dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan metode NHT, dalam siklus I dan II hasil belajar IPA meningkat sesuai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 65. Dari siswa yang berjumlah 21 anak, sebelum diadakan tindakan siswa yang mengalami ketuntasan hanya 8 siswa (38%) sedangkan yang belum tuntas berjumlah 13 siswa (62%). Setelah diadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode NHT pada siklus I siswa yang tuntas belajar berjumlah 17 siswa (80%) sedangkan yang belum tuntas dalam belajar berjumlah 4 siswa (20%) dengan nilai rata-rata 75.23, pada siklus II siswa yang tuntas belajar adalah 21 siswa (100%) dengan nilai rata-rata 82.47. Hal ini terbukti bahwa melalui metode NHT mampu meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Kebonagung 03 Sumowono .