Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Siswa Kelas IV SDN Ngabean Kecamatan Secang Kabupaten Magelang Semester II Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Nugroho, Galih Yudha
Other Authors: Sumiyarso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8077
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dapat diupayakan melalui ModelTeam Games Tournament (TGT) bagi siswa kelas IV SD Negeri Ngabean Kecamatan Secang Kabupaten Magelang Semester II Tahun Ajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian ini dari Kemmis dan Mc Taggart melalui dua siklus. Masing masing siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan obsrvasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar, sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran (Team Games Tournament) TGT.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Ngabean kecamatan Secang Kabupaten Magelang Semester II Tahun Ajaran 2012/2013, dapat diupayakan melalui model pembelajaran (Team Games Tournament)TGT. Hal ini tampak dari peningkatan rata-rata hasil belajar pada siklus I ke siklus II yakni dari 83,29 menjadi 89.88, dengan skor maksimum 90 & 100, skor minimum dari 70 menjadi 80 .Di samping itu ditunjukkan pula oleh kenaikan 22% ketuntasan belajar yakni pada siklus I sebesar 78% menjadi 100% pada siklus II.