Perbedaan Prestasi Belajar IPS Antara Siswa yang diberi Pekerjaan Rumah (PR) Secara Kelompok dan Secara Individual pada Kelas V SD Gugus Simbar Jaya di Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2009/2010
Main Author: | Sahid |
---|---|
Other Authors: | Sanoto, Herry |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8076 |
Daftar Isi:
- Prestasi belajar mempunyai dua peranan penting bagi siswa dan guru, yaitu sebagai cerminan keberhasilan mengajar bagi seorang guru dan merupakan penceminan kemampuan siswa dalam penguasan materi baik pengetahuan, sikap, maupun keterampilan. Sedangkan pemberian tugas pekerjaan rumah bertujuan untuk memberikan latihan bagi siswa sehingga siswa mampu mengembangkan kreativitas, inisiatif, dan tanggungjawabnya sehingga tugas ini dapat diberikan sevara individu maupun kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang diberi pekerjaan rumah secara kelompok dengan yang diberi pekerjaan rumah secara individual pada siswa kelas V Gugus Simbar Jaya Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2009/2010. Untuk menjawab persoalan penelitian, telah dikumpulkan data melalui penyebaran soal evaluasi kepada 79 siswa kelas V Gugus Simbar Jaya. Sebelumnya siswa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu siswa yang mengerjakan PR secara berkelompok dan siswa yang mengerjakan PR secara individual. Kemudian hasil kerja kedua kelompok dibandingkan dan diuji dengan menggunakan uji beda rata-rata.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi siswa antara siswa yang mengerjakan PR secara kelompok dan siswa yang mengerjakan PR secara individu. Siswa yang mengerjakan PR secara berkelompok terbukti memiliki prestasi lebih baik disbanding siswa yang mengerjakan PR secara individu. Hal ini terlihat dari hasil uji beda rata-rata dengan t sebesar 8,106 dengan signifikansi seebsar 0,000 ( p < 0,05). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kebanyakan siswa yang diteliti rata-rata memiliki prestasi yang sangat tinggi dengan rata-rata sebesar 78,48. Secara rinci, prestasi belajar siswa yang mengerjakan PR secara berkelompok berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata 85,48, sedangkan siswa yang mengerjakan PR secara individu rata-rata memiliki prestasi belajar pada kategori tinggi dengan rata-rata sebesar 70,54.