Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Temuireng Kecamatan Jati Kabupaten Blora Dalam Pembelajaran IPS
Main Author: | Subiharto |
---|---|
Other Authors: | Padmomartono, Sumardjono |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8074 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran IPS di SDN 1 Temuireng kelas IV mengalami masalah. Yaitu hasil belajar siswa dan keaktifannya rendah. Masalahnya adalah kurang tertariknya siswa dalam pembelajaran IPS. Rumusan masalahnya berupa, Apakah penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD N 1 Temuireng Kecamatan Jati Kabupaten Blora dalam pembelajaran IPS? Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media gambar seri dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu media gambar seri sebagai variabel bebas dan variabel terikatnya adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Data diperoleh dari ulangan harian siswa, ulangan siklus 1, dan ulangan siklus 2. Data yang diperoleh diolah dengan analisis deskriptif komparatif, yaitu dengan membandingkan jumlah siswa yang telah tuntas dan mencapai KKM. Data lain berupa keaktifan siswa yang diperoleh dari hasil observasi/pengamatan saat pembelajaran IPS berlangsung dan data angket.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan siswa yang tuntas dan mencapai KKM yang telah ditentukan serta peningkatan rata-rata nilai siswa saat pembelajaran IPS tanpa media gambar seri, ulangan siklus 1, dan ulangan siklus 2. Siswa yang mendapat nilai =71 saat awal tindakan 3 sebanyak siswa, saat siklus 1 sebanyak 16 siswa, dan saat siklus 2 sebanyak 29 siswa atau semua jumlah siswa kelas IV. Sedangkan rata-rata nilai ulangan siswat, pada awal tindakan rata-ratanya adalah 54,90. Setelah tindakkan siklus 1 menjadi 71,55 dan di akhir siklus 2 menjadi 83,97. Saat pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar seri, siswa yang aktif lebih banyak dibandingkan saat pembelajaran IPS tanpa menggunakan media gambar seri. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, di-harapkan guru dapat menambah pengetahuannya tentang penggunaan media yang sesuai dengan materi dan kondisi siswa SD untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa.