Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IVA Semester 2 SD Negeri Kesongo 01 Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Nandini, Argil Raras |
---|---|
Other Authors: | Slameto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8067 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan alasan diterapkannya think talk write dalam mata pelajaran Bahasa Indoensia kelas IVa SD Negeri Kesongo 01, serta menjelaskan bagaimana cara diterapkannya think talk write dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. PTK ini terdiri dari 2 siklus dengan 3 kali pertemuan setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data adalah dengan lembar observasi di setiap pertemuan, dan tes hasil belajar pada pertemuan ketiga setiap siklusnya. Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model think talk write dilaksanakan dengan tahap siswa membaca materi untuk menemukan informasi (think), diskusi kelompok dan presentasi (talk), serta menulis kembali materi yang telah dipelajari (write). Think talk write, menjadikan siswa mengulang-ulangi materi pelajaran, dan belajar dengan aktif dan menyenangkan. TTW juga melatih kompetensi berbahasa siswa. Pengulangan materi menjadikan siswa lebih mudah mengingat materi yang dipelajari. Sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada kondisi awal hasil belajar siswa tuntas KKM sebesar 33%. Pada siklus I, hasil belajar siswa yang tuntas KKM menjadi 86%. Hasil belajar siswa yang tuntas KKM pada siklus II meningkat jumlahnya menjadi 95%. Terjadi peningkatan jumlah siswa yang hasil belajarnya dapat tuntas KKM setiap siklusnya. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan bukti dalam penelitian ini, maka pembelajaran dengan menerapkan think talk write disarankan untuk dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran, dalam upaya memberikan pembelajaran yang bermutu sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa