Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas IV Semester II SD Negeri Padaan 02, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang

Main Author: Cristie, Agata
Other Authors: Muryani, Sri
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8063
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan kompetensi dasar perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan pembelajaran masih berpusat pada guru, guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) sehingga perlu menggunakan model pembelajaran yang menarik bagi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ketidaktercapaian KKM disebabkan oleh ketidaktepatan penggunaan metode yang digunakan oleh guru? Apakah penggunaan metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas 4 semester II di SD Negeri Padaan 02 Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Tujuan yang akan dicapai adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus dengan masing- masing siklus 2 kali pertemuan.subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Padaan 02 Kecamatan Pabelan Kabupatan Semarang sejumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan lembar hasil evaluasi setiap siklus. Penggunaan metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar, peningkatan tersebut dapat terlihat dari nilai rata- rata siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 66 naik menjadi 75. Dan ketuntasan belajar siswa pada kondisi awalnya hanya 56% menjadi 83% pada siklus 2. Saran dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada para pendidik khususnya guru Sekolah Dasar untuk dapat mengembangkan metode jigsaw dalam mengajar dan menambah pengetahuan, pemahaman materi yang akan diajarkan dan dapat memberikan manfaat pada Pendidikan Nasional pada umumnya dan kegiatan belajar mengajar pada khususnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa.