Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Siswa Kelas IV SDN Gedong 02 Banyubiru Kabupaten Semarang Semester II Tahun Ajaran 2013/2014

Main Author: Mandak, Samuel Sammy Kristian
Other Authors: Gundo, Entri Sulistari
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
IPS
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8035
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gedong 02 Banyubiru Kabupaten Semarang semester II tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model spiral dari C.Kemmis dan Mc.Taggart dengan prosedur penelitian yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri tiga langkah yakni perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Pada setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gedong 02 Banyubiru Kabupaten Semarang sebanyak 13 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil belajar antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar IPS dapat diupayakan melalui model pembelajaran picture and picture siswa kelas IV SDN Gedong 02 Banyubiru Kabupaten Semarang semester II tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini nampak pada hasil belajar yang ditunjukkan oleh ketuntasan belajar (KKM > 70) pra siklus sebanyak 0%, siklus I naik menjadi 84,62% dan siklus II naik menjadi 100%. Skor minimal yang ditunjukkan pada pra siklus sebesar 24, siklus I sebesar 63,3 dan siklus II sebesar 79,1. Skor maksimal yang ditunjukkan pada pra siklus sebesar 45,5, siklus I sebesar 97,5, dan siklus II sebesar 100. Rata-rata hasil belajar yang diperoleh pada saat pra siklus sebesar 32,8, siklus I sebesar 81,5 dan siklus II sebesar 90,6. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran picture and picture yang lebih efektif dan bermakna untuk meningkatkan hasil belajar siswa.