Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik pada Siswa Kelas 2 SD Negeri 2 Sidoharjo Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Ambarwati, Dyah Susilo |
---|---|
Other Authors: | Suroso |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8024 |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas 2 SD Negeri 2 Sidoharjo, dan pembelajaran selama ini cenderung pada pembelajaran berpusat pada guru (teacher oriented). Guru menyampaikan materi pelajaran menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan tidak sedikit siswa yang tidak terlibat aktif dalam pembelajaran yaitu melakukan aktivitas yang tidak relevan dengan pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya pemahaman konsep matematis siswa. Persentase ketuntasan belajar siswa rendah yaitu hanya sebesar 32%. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah hasil belajar Matematika pada siswa kelas 2 SD Negeri 2 Sidoharjo dapat ditingkatkan melalui Pembelajaran Matematika Realistik? Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Sidoharjo Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013 merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri 2 Sidoharjo Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 25 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian tertulis untuk memperoleh data hasil belajar matematika, lembar observasi untuk memperoleh data kinerja guru dan aktivitas belajar siswa. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil belajar pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil belajar pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 68%, pada siklus II meningkat menjadi 92%. Setelah melaksanakan tindakan ini dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar Matematika dapat ditingkatkan melalui Pembelajaran Matematika Realistik pada Siwa Kelas 2 SD Negeri 2 Sidoharjo Sruweng Kebumen Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Dalam penelitian ini terjadi peningkatan keaktivan siswa dan ditemukan juga kinerja guru dalam pembelajaran ikut meningkat. Oleh karena itu Pembelajaran Matematika Realistik perlu dikembangkan dan diterapkan supaya pembelajaran Matematika yang dilakukan tidak hanya mentransfer pengetahuan guru kepada siswa, tapi juga mengaitkan antara konsep –konsep Matematika dengan pengalaman anak sehari-hari. Sehingga pemahaman konsep matematika meningkat, dan akan berdampak pula pada peningkatan hasil belajar siswa.