Penerapan Metode Tanya Jawab Berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SD Negeri 2 Abean Kecamatan Mirit Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Paryanto, Teguh
Other Authors: Wahyudi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8010
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalamp enelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran matematika bertujuan pembentukan kepribadian ,ketrampilan dan perkembangan intelektual siswa. Di kelas rendah matematika adalah pengetahuan yang rasional dan objektif tentang benda-benda yang ada disekitar. Matematika membahas tentang pecahan sederhana dimana pada observasi awal siswa masih banyak mengalami kesulitan. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan media konkret dengan sumber belajar lingkungan pada siswa kelas3 SD Neger i2 Abean semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013 (2) mendeskripsikan langkahlangkah pembelajaran dengan model penggunaan media konkret dengan sumber belajar lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Kemmis S. dan Mc.Taggart, R yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi ,refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Abean Kecamatan Mirit dengan subjek penelitian siswa kelas 3 sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes dengan Instrumen lembar observasi dan soal tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif untuk data hasil observasi yaitu dengan membandingkan hasil observasi dengan sintaks pembelajaran yang ditetapkan dan analisis data kuantitatif untuk data hasil tes siswa yaitu dengan cara membandingkan hasil prasiklus, siklus 1 dansiklus 2 dari segi ketuntasan belajar sesuai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD Negeri 2 Abean Kecamatan Mirit semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah siswa yang tuntas yaitu prasiklus 33,33% siklus 1 52,6%. siklus 2 92,1%.