Penggunaan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Negeri 3 Karangrejo Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Taslim
Other Authors: Slameto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2016
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8007
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah penelitian ini adalah : (1) Apakah penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada Kompetensi Dasar menentukan sifat –sifat bangun ruang sederhana di SD Negeri 3 Karangrejo tahun pelajaran 2012/2013 ? (2) Mengapa penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada Kompetensi Dasar menentukan sifat –sifat bangun ruang sederhana di SD Negeri 3 Karangrejo tahun ajaran 2012/2013 ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri 3 Karangrejo pada Kompetensi Dasar menentukan sifat –sifat bangun ruang sederhana dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Karangrejo UPT Dinas DIPKORA Unit Kecamatan Petanahan, bulan Maret sampai Mei 2013. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri 3 Karangrejo yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki –laki dan 17 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data adalah hasil belajar siswa, lembar observasi dan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini meliputi empat tahapan yaitu : perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan adanya keaktifan siswa dan hasil belajar siswa yang tuntas dari 13 (46%) pada kondisi awal menjadi 18 (64%) di siklus I, 23 (82%) siswa pada siklus II. Rata –rata nilaipun terjadi peningkatan dari 61 pada kondisi awal, 69 pada siklus I, dan 75 pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah : (1) Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa ; (2) Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 dalam pembelajaran matematika SD Negeri 3 Karangrejo pada tahun pelajaran 2012/2013.