Penerapan Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN 1 Banyumudal Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Kasmin |
---|---|
Other Authors: | Slameto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/8004 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran IPA merupakan salah satu pelajaran yang diarahkan untuk membantu peserta didik mepelajari alam sekitar serta mengembangkan kompetensi untuk menjelajahi alam sekitar secara ilmiah. Pembelajaran IPA di SDN 1 Banyumudal Kecamatan Buayan pada siswa kelas 5 semester 2 pada ulangan semester 1 menunjukan hasil yang rendah. Rendahnya hasil belajar pembelajaran IPA siswa kelas 5 SDN 1 Banyumudal menjadi latar belakang dilakukanya penelitian tindakan kelas. Masalah yang dirumuskan adalah apakahpenerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5SDN 1 Banyumudal semester 2 Tahun pelajaran 2012/2013? Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan (1) Menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SDN 1 Banyumudal semester 2 tahun pelajaran 2012/2013. (2) Mendiskripsikan langkah-langkah model pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SDN 1 Banyumudal semester 2 tahun pelajaran 2012/2013.Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau clasroom action research. Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart dengan menggunakan 2 siklus,masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yaitu 1) Perencanaan tindakan (planning), 2)Pelaksanaan tindakan (action)dan pengamatan (observation)dan 3) Refleksi (reflektion). Subyek penelitian adalah siswa SDN 1 Banyumudal kecamatan Buayan kabupaten Kebumen sebanyak 29 siswa.Tekhnik pengumpulan data dengan teknik observasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah Lembar observasi. Tehnik analisa yang digunakan adalah ststistik sederhana diskriptif komparatif dengan membandingkan prosentase tiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Bumi dan Alam Semesta pada siswa kelas 5 SDN 1 Banyumudal semester 2 tahun pelajaran 2012/2013. Hal dapat dilihat pada analisis ketuntasan hasil belajar IPA yaitu pada kegiatan siklus 1, siswa yang mengalami ketuntasan belajar adalah 62%, sedangkan pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar IPA mencapai 89,7% hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar yaitu 27,6%. Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan model pembelajaran tipe STAD sangat bermanfaat secar teoritis bahwa penerapan model STAD dapat mengembangkan pengetahuan tentang model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPA dalam rangka mengembangkan khasanaah keilmuan. Adapun manfaat praktis diantaranya bagi guru sebagai pedoman perbaikan pembelajaran,bagi siswa dapat membangkitkan keaktifan sedangkan bagi sekolah dapat meningkatkan KKM.