Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran GI (Group Investigation) & Talking Stick pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Semester II SD N Wonoyoso Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2013/2014

Main Author: Listyani, Indah
Other Authors: Relmasira, Stefanus C.
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7981
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar IPA yang rendah yaitu hanya terdapat 12 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM=75) sedangkan yang tidak tuntas (KKM=75) sebanyak 18 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran GI (Group Investigation) & Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD N Wonoyoso Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2013-2014. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart dengan langkah perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Pada siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V SD N Wonoyoso dengan jumlah 30 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadinya peningkatan ketuntasan belajar IPA kelas V SD N Wonoyoso Semester II Tahun Pelajaran 2013-2014 dengan menggunakan model pembelajaran GI (Group Investigation) & Talking Stick. Hal tersebut dapat dilihat pada Siklus I rata-rata hasil belajar siswa dari nilai PraSiklus 72,6, pada Siklus I menjadi 78, dan pada Siklus II meningkat menjadi 84,83. Ketuntasan hasil belajar ketika PraSiklus sebesar 40%, Siklus I 66,66%, dan Siklus II 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran GI (Group Investigation) & Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD N Wonoyoso Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2013-2014. Disarankan bagi kepala sekolah agar dapat memberi masukan kepada guru: agar guru bisa menggunakan model pembelajaran GI (Group Investigation) & Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa.