Pengaruh Penggunaan Metode Inquiri dalam Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Kajengan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora Semester II Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Suyono
Other Authors: Suroso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/798
Daftar Isi:
  • Pendidikan adalah kegiatan membimbing siswa menuju pada kedewasaan dan mandiri. Dalam proses pelaksanaan tugas pengajaran seorang guru harus memperhatikan banyak hal. Salah satunya yaitu menggunakan metode pembelajaran inquiri yang tepat dalam mengajar. Dalam pemilihan metode inquiri dalam pengajaran harus di sesuaikan dengan materi yang akan di sajikan. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam adalah metode inquiri. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penulis merumuskan â€�Apakah ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan metode inquiri dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N Kajengan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora Semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan metode inquiri dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N Kajengan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora Semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Metode penelitian eksperimen ini yang digunakan adalah metode inquiri. Penelitian ini menggunakan desain Quasi-eksperimen yaitu jenis Two-group posttest only design. Desain ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan instrument tes. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument test dan lembar observasi guru. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara metode inquiri dan metode konvensional. Dari analisis data yang diperoleh menggunakan hasil dari uji t-tes diketahui 2,64 dengan probalitas signifikan 0,11<0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan untuk pembelajaran dengan menggunakan metode inquiri dengan pembelajaran konvensional. Perbedaan rataratanya kelompok eksperimen dengan kelompok control berkisar dilihat dari skor rata-rata hitung prestasi belajar, siswa yang pembelajarannya menggunakan metode inquiri mempunyai skor rata-rata hitung sebesar 82,38. Siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional mempunyai skor ratarata hitung sebesar 74,34 beda skor 8,04. Dari hasil uji t-tes disimpulkan bahwa metode inquiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Kajengan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2011/2012.