Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) pada Siswa Kelas 4 SDN 1 Dologan Karanggede Kabupaten Boyolali Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Prasetianty, Immanuel Stevanny |
---|---|
Other Authors: | Winanto, Adi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7974 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA. Tujuan yang kedua adalah cara meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada siswa kelas 4 SDN 1 Dologan Karanggede Kabupaten Boyolali Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yaitu penelitian yang dilaksanakan peneliti yang bekerja sama dengan guru kelas dan observer. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan beberapa siklus. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas 4 SDN 1 Dologan sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data melalui lembar observasi, butir soal tes, dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif di mana meningkatkan hasil belajar dalam mencapai KKM ≥60 dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran TGT dan teknik komparatif di mana membandingkan nilai motivasi belajar dengan 4 kriteria nilai (sangat tinggi, tinggi, rendah, dan sangat rendah). Langkah-langkah pelaksanaan TGT yaitu presentasi materi, pembentukan kelompok, game turnamen, dan penghargaan kelompok. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments). Peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari Siklus I dengan Siklus II. Kriteria sangat tinggi sebanyak 5 siswa (25%) menjadi 6 siswa (30%) dan kriteria tinggi sebanyak 9 siswa (45%) menjadi 12 siswa (60%). Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rata-rata nilai 20 siswa pada Pra Siklus sebesar 57,4 dengan 9 siswa mencapai KKM ≥60, pada Siklus I 61,5 dengan 10 siswa mencapai KKM ≥60, dan Siklus II 80 dengan 18 siswa mencapai KKM ≥60.