Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Alat Pernapasan Manusia Dengan Menggunakan Metode Role Playingpada Siswa Kelas V SD N Simbangdesa 01 Semester 1/2013-2014

Main Author: Permanasari, Ratna
Other Authors: Dwikurnaningsih, Yari
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7964
Daftar Isi:
  • Berdasarkan pengamatan awal pembelajaran IPA materi alat pernapasan manusia di SD Negeri Simbangdesa 01 dengan jumlah siswa 26 hanya 6 siswa atau 23,08% yang mendapat nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM = 70). Rata – rata kelas hanya mencapai 55,04. Siswa terlihat pasif, ketika guru mengajukan pertanyaan mengenai materi sebelumnya ternyata siswa tidak bisa menjawab. Guru sudah berupaya agar siswa menjadi aktif. Pada awal pembelajaran guru sudah melakukan tanya jawab dengan siswa agar siswa terangsang untuk ikut menalar dan guru juga sudah memotivasi siswa agar berani bertanya. Tujuan penelitian ini adalah (1)Mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi alat pernapasan manusia pada siswa kelas V semester 1 SDN Simbangdesa 01 2013/2014. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi alat pernapasan manusia pada siswa kelas V semester 1 SDN Simbangdesa 01 tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Simbangdesa 01 Tulis yang berjumlah 26 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes tertulis, pengamatan, dan dokumentasi atau arsip. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Simpulan penelitian ini adalah (1)Dengan menggunakan metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pernapasan manusia karena siswa dapat memerankan tokoh hidup ataupun mati secara langsung sehingga pembelajaran menjadi berpusat pada siswa. (2) Model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi alat pernapasan manusia. Hal ini dibuktikan pada tahap siklus I terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari 23,08% pada pra siklus menjadi 69,23 % peningkatan nilai rata-rata kelas dari 55,04 pada pra siklus menjadi 68,31 ,dan keaktifan siswa dalam pembelajaran tinggi. Pada tahap siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar menjadi 80,77 %, peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 78,00, dan keaktifan siswa dalam pembelajaran tinggi.