Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Penerapan Metode Pembelajaran Kumon Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Jrakahpayung 01 Kecamatan Tulis Kabupaten Batang Semester 1 Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Khayati, Nur |
---|---|
Other Authors: | Dwikurnaningsih, Yari |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7952 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi pembelajaran prasiklus diperoleh analisis masalah sebagai berikut: (1) pada saat pembelajaran banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, (2) banyak siswa yang tidak mampu menjawab pertanyaan guru, (3) banyak siswa yang tidak mampu mengalikan dan membagikan bilangan, dan (4) sebagian besar siswa asyik bermain sendiri. Dari 44 siswa yang mengikuti tes, hanya 11 atau 25,00 % siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM= 64 ), dan nilai rata-rata kelas hanya 52,05. Melihat kenyataan tersebut peneliti menyusun rumusan masalah sebagai berikut:apakah penerapan metode pembelajaran kumon dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian pada siswa kelas 4 di SDN Jrakahpayung 01 Kecamatan Tulis Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian pada siswa kelas 4 semester 1 SDN Jrakahpayung 01 Kecamatan Tulis Kabupaten Batang tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan karena ada kesenjangan antara harapan dan kenyataan, sehingga diharapkan terjadi keadaan yang ideal. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas menggunakan metode pembelajaran ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus dilaksanakan sesuai rencana pembelajaran yang telah dibuat, pada setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yang akan dilakukan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan lembar observasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang relatif tinggi. Pada kondisi prasiklus ketuntasan belajar hanya 25,00 %, setelah dilakukan tindakan naik menjadi 65,91 % pada siklus I, dan menjadi 93,18 % pada siklus II. Nilai rata-rata kelas juga mengalami kenaikan dari semula 52,05 pada prasiklus, naik menjadi 68,75 pada siklus I, dan 75,68 pada siklus II. Dengan demikian metode kumon, dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian.