Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Jembrak Kabupaten Semarang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD Semester II Tahun Pelajaran 2013//2014
Main Author: | Noviasari, Devy |
---|---|
Other Authors: | Sulistyowati |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7948 |
Daftar Isi:
- Latar belakang penulisan skripsi ini adalah untuk meningkatkan, hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Jembrak Kabupaten Semarang yang masih dibawah KKM IPA yang ditentukan sekolah yaitu 70, dari 16 siswa 87,5% atau 12 siswa masih mendapatkan nilai dibawah KKM IPA, hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya melalui model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD pada siswa kelas V SD Negeri Jembrak Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014. Hipotesis penelitian ini adalah: penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya pada siswa kelas V SD Negeri Jembrak Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus yang masing-masing siklusnya dilakukan kegiatan perencanaan tindakan, pelaksanan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar dari tiap siklus. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa tersebut terjadi secara bertahap, dimana pada kondisi awal atau pra siklus hanya terdapat 4 siswa atau 12.5% yang telah tuntas dalam belajarnya dengan rata-rata nilai 57.5, pada siklus I mengalami peningkatan yaitu terdapat 8 siswa atau 50% siswa yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dengan rata-rata nilai 60.5. Siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat yaitu 12 siswa atau 87.5% siswa telah dapat mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 83.87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya pada siswa kelas V SD Negeri Jembrak Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014.