Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan PMRI Berbantuan Alat Peraga pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Blotongan 02 Salatiga Semester 2 Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Aditya, Bayu Rizki |
---|---|
Other Authors: | Harjono, Nyoto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7936 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini didasarkan adanya permasalahan dalam pembelajaran yang masih dominan menggunakan pendekatan ceramah sehingga pembelajaran kurang menarik, guru juga belum memanfaatkan media dengan baik. Tujuan penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu menerapkan PMRI dengan berbantuan alat peraga pada Kompetensi Dasar (KD) mengenal pecahan, dapat meningkatkan hasil belajar matematika secara signifikan pada kelas 3 semester 2 SDN Blotongan 2 Salatiga. Dan yang kedua meningkatkan hasil belajar matematika secara signifikan pada kelas 3 semester 2 SDN Blotongan 02 Salatiga dengan menggunakan PMRI berbantuan alat peraga Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan peneliti adalah jenis PTK kolaboratif. PTK kolaboratif yaitu kerja sama antara peneliti dengan guru kelas, ide berasal dari peneliti dan yang melakukan tindakan adalah guru kelas. Penelitian ini menggunakan model spiral dari C.Kemmis dan Mc.Taggart. Rencana tindakan yang akan dilakukan yaitu PTK melalui 2 siklus. Dalam setiap siklus memiliki 3 tahap yakni perencanaan tindakan, implementasi tindakan dan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Negeri Blotongan 02 sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi dan teknik tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan lembar observasi dan butir soal. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik sederhana dengan teknik statistik deskriptif komparatif yaitu membandingkan persentase hasil belajar tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika pada materi pecahan dapat ditingkatkan melalui pendekatan PMRI berbantuan alat peraga pada siswa .Hal ini terlihat pada hasil observasi kegiatan guru dan hasil observasi aktivitas siswa yang sudah dilakukan semua. Peningkatan hasil pelajar nampak pada kondisi pra siklus hanya 10 siswa yang tuntas atau memenuhi KKM = 70, setelah ada tindakan pendekatan PMRI berbantuan alat peraga nampak ada peningkatan hasil belajar siswa yakni pada siklus 1 ketuntasan hasil belajar mencapai 60% dengan skor tertinggi 93, dan skor terendah 47 dengan skor rata-rata 68,27. Pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan mencapai 83.33% dengan skor tertinggi 100 dan skor terendah 53 dengan rata-rata 80.17. Maka penelitian dengan penggunaan pendekatan PMRI berbantuan alat peraga dalam pembelajaran matematika kelas 3 SD Negeri Blotongan 02 berhasil