Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Ampel Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Semester 02 Tahun Ajaran 2013/2014

Main Author: Wijayanti, Noviana
Other Authors: Sarwono, Ridha
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7934
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Ampel pada mata pelajaran Matematika. Rendahnya hasil belajar siswa tersebut dikarenakan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran dan kurang berani mengemukakan pendapat serta pertanyaan. Hal tersebut terjadi karena guru lebih mendominasi proses pembelajaran dan masih sering menggunakan model pembelajaran yang kovensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Ampel Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014 sehingga mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-April 2014 di SD Negeri 01 Ampel Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali di kelas IV sebagai subjek penelitian. Pendekatan yang digunakan ialah metode penelitian tindakan kelas (PTK), berlangsung 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian tindakan yang menunjukkan bahwa pada kondisi awal, dari total keseluruhan siswa yang sebanyak 30 siswa, ditemukan yaitu 11 siswa yang lulus KKM atau 37% kemudian setelah diberikan tindakan perbaikan pada siklus I siswa yang lulus KKM menjadi 21 siswa atau meningkat menjadi 70%, pada siklus II 28 siswa lulus KKM dengan prosentase 93%. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri 01 Ampel Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Dengan demikian, dapat disarankan bahwa model pembelajaran ini dapat diaplikasikan secara luas dalam dunia pendidikan, khususnya dalam penerapan sebagai salah satu model pembelajaran di sekolah.