Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw pada Siswa Kelas 5 SD N 1 Kertosari Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Julianto, Fauzhan Nur |
---|---|
Other Authors: | Susiyanto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7932 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar IPA yang disebabkan pembelajaran yang berpusat kepada guru sehingga siswa cenderung pasif, tidak antusias, jenuh dalam belajar dan sulit memahami materi pokok bahasan yang disampaikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan minat dan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SDN 1 Kertosari Temanggung melalui pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan desain penelitian dengan model yang dikemukakan Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, dan refleksi. Pada siklus I direncanakan 3 kali pertemuan, dan siklus II dilaksanakan 3 kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Kertosari 1 Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan lembar angket minat dan soal tes evaluasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada standar kompetensi “7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam”. Peningkatan minat belajar siswa pada pra siklus hingga siklus 2 yaitu pada pra siklus jumlah siswa yang berminat sebanyak 4 siswa (17%), pada siklus 1 jumlah siswa yang berminat sebanyak 10 siswa (44%), dan pada siklus 2 jumlah siswa yang berminat dan sangat berminat sebanyak 21 siswa (92%). Sedangkan untuk peningkatan hasil belajar siswa terjadi secara bertahap. Pada klasifikasi tuntas dalam kondisi awal jumlah siswa yang tuntas hanya 8 siswa (34,8%). Setelah pembelajaran siklus 1 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa (56,6%), sedangkan pada siklus 2 jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 20 siswa atau 86,9% dari jumlah keseluruhan siswa. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas 5 SDN 1 Kertosari Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung semester genap tahun pelajaran 2013/2014.