Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Media Gambar pada Siswa Kelas V SDN Kopeng 02 Kec. Getasan Kab. Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Indrasari, Ertien Dani
Other Authors: Relmasira, Stefanus C.
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7925
Daftar Isi:
  • Latar belakang dari penelitian ini adalah guru yang masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional yang bersifat satu arah, cenderung keringdan membosankan. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran dan tidak memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada siswa kelas V SD Negeri Kopeng 02 kecamatan Getasan, kabupaten semarang Semester II tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah dari Kurt Lewin yang dimodifikasi dengan model spiral oleh Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dimana dalam setiap siklus dilaksanakan selama 2x pertemuan dimana 1 pertemuan 2 x 2 jam pelajaran. Variable penelitian ini adalah variable model pembelajaran Group Investigation (GI) dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Adapun analisis pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis ketuntasan dan analisis komparatif melalui penyajian dalam bentuk tabel, grafik, dan diagram. Hasil penelitian menunjukan bahwa tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Kopeng 02 kecamatan Getasan, kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Selain itu langkah-langkah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) juga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Kopeng 02 Kecamatan Getasan, kabupaten Semarang semester II tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini Nampak pada pembelajaran Pra siklus (kondisi awal) pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional, ketuntasan belajar 43.48% atau 10 siswa dan siklus I sebesar 69.57% atau 16 siswa, serta pada siklus II 91.30% atau 21 siswa. Nilai rata-rata kelas pada kondisi awal 62, pada siklus I meningkat menjadi 66.1, serta pada siklus II meningkat menjadi 76.3. dalam peningkatan hasil belajar IPA, guru menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI).