Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Siswa Kelas V SD Negeri Kenconorejo 03 Semester I Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Main Author: Lusita, Tanti
Other Authors: Winanto, Adi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7923
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi awal di SDN Kenconorejo 03 Kabupaten Batang ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas V yaitu hasil belajar siswa masih rendah khususnya pada materi peninggalan sejarah Hindu, Budha dan Islam. Dari 17 siswa kelas V yang mendapat nilai memenuhi KKM adalah 6 siswa (35,29 %) sedangkan 11 siswa (64,71 %) belum memenuhi KKM. Sedangkan KKM yang ditetapkan adalah 70. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif metode Make A Matchdapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Kenconorejo 03 semester 1 tahun pelajaran 2013/2014 ?”.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Matchpada siswa kelas SDN Kenconorejo 03 semester 1 tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan yaitu bulan Juli sampai dengan Agustus 2013. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitiannya yaitu siswa kelas V SDN Kenconorejo 03 Kecamatan Tulis yang berjumlah 17 siswa, yang terdiri dari 10 siswa laki- laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus dan empat tahapan dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis deskriptif. Setelah diadakan penelitian mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match, ketuntasan belajar siswa meningkat secara bertahap. Pada siklus I presentase ketuntasan hasil belajar 58,82 %. Kemudian pada siklus II ketuntasan hasi belajar siswa meningkat menjadi 82,35%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Matchdapat meningkatkan hasil belajar sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Kenconorejo 03 semester I tahun pelajaran 2013/ 2014.