Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation pada Siswa Kelas VI SD Negeri Kuripan 02 Kecamatan Subah Kabupaten Batang Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Cahyadi, Umar |
---|---|
Other Authors: | AdiWinanto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7899 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebiasaan para guru menggunakan model pembelajaran yang masih bersifat transmitif atau hanya sekedar penyampaian fakta-fakta atau informasi yang mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran di sekolah. Sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kurang maksimal. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika yang kurang maksimal dapat dilihat dari banyaknya siswa yang memperoleh nilai tidak tuntas pada kondisi awal yaitu dengan persentase sebesar 35%. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Group Investigationpada siswa kelas VI SD Negeri Kuripan 02 Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kuripan 02 Kecamatan Subah Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kuripan 02 Kecamatan Subah Kabupaten Batang Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian tertulis untuk memperoleh data hasil belajar Matematika dan observasi untuk melihat kinerja guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran Matematika. Hasil belajar pada siklus I diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus I dengan ketuntasan klasikal 54% atau 14 siswa yang tuntas, meningkat pada siklus 2 yaitu ketuntasan klasikal belajar siswa mencapai 81% atau 21 siswa tuntas dari 26 siswa. Karena indikator keberhasilan penelitian ini minimal 80% siswa tuntas belajar maka penelitian ini dianggap berhasil. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini dapat diambil saran bahwa melalui model Pembelajaran Group Investigationakan mendapatkan teori baru tentang peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas VI. Sebagai dasar untuk penelitian selanjutnya. Siswa merasa tertarik dan mudah memahami materi pelajaran Matematika melalui pendekatan dengan menggunakan bantuan alat peraga domino kubik dan kubus rekayasa dalam pembelajaran. Menemukan dan menjadi pengalaman menggunakan model pembelajaran Group Investigationdalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VI. Dapat digunakan untuk memotivasi guru, agar dapat memanfaatkan media pembelajaran yang ada di sekolah yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan model Pembelajaran Group Investigation.