Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pairs Share) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Genuksuran Purwodadi Grobogan Semester II Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Herjunanto, Dhimas Luthfi |
---|---|
Other Authors: | Wardani, Naniek Sulistya |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/789 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada keefektifan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Genuksuran Purwodadi Grobogan Semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Two Group Posttest Only. Unit penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 1 Genuksuran sebanyak 35 siswa dan seluruh siswa kelas V di SD Negeri 2 Genuksuran sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Bentuk tes berupa pilihan ganda dan uraian, sedangkan bentuk non tes adalah menyimak, diskusi berpasangan, presentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis beda rerata (uji t) hasil belajar dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mean dari hasil belajar kelompok eksperimen adalah 90,44 dan mean kelompok kontrol adalah 83,49. Selisih mean kelompok eksperimen dan kelompok kontrol 6,952. Hasil perhitungan diperoleh signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan thitung sebesar 8,670 lebih besar daripada ttabel yaitu 1,669. Karena sigifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan thitung > ttabel (8,670 > 1,669) maka hipotesis diterima, artinya terbukti ada keefektifan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Genuksuran Purwodadi Grobogan Semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa dalam pembelajaran agar guru dapat lebih memberikan motivasi untuk lebih mengembangkan keterampilan bekerjasama. Model pembelajaran kooperatif tipe TPS perlu untuk dikembangkan dan digunakan untuk pembelajaran pada pokok bahasan yang lain dan perlu adanya penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari hasil penelitian ini.