Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Video Compact Disk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Sawangan 03 Kec.Gringsing Batang Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Indahningrum, Sri |
---|---|
Other Authors: | Sumiyarso |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7880 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar Matematika Siswa Kelas 4 pada semester I tahun pelajaran 2013/2014 SD N Sawangan 03 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang dapat diupayakan melalui model pembelajaran Problem Solving.. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model dari Kemmis, S. Dan Mc Taggart, R dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan 3) refleksi. Unit penelitian adalah siswa kelas 4 SD N Sawangan 03 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang sebanyak 11 siswa.Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengamatan langsung (observasi dan skala sikap berupa rubrik penilaian aktivitas belajar).Adapun instrumen penelitiannya dengan lembar observasi dan rubrik aktivitas belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu perbandingan antara siklus yang meliputi distribusi frekuensi dan persentase. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas 4 di SDN Sawangan 03 Kec.Gringsing kab. Batang dengan kompetensi dasar Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga setelah menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Disini dapat dilihat dari perolehan hasil skor nilai yang ditujukkan bahwa yang memenuhi KKM pada siklus I yaitu 7 orang siswa atau 64%,dan siklus II yaitu 9 orang siswa atau 82%. Disini terdapat kenaikan antara siklus I dan II atau terdapat kenaikan dari pra siklus ke siklus I yaitu 9%,sedangkan siklus I ke siklus II mengalami kenaikan 18%. Dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran creative problem solvingdengan video compact diskdapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN Sawangan 03 kecamatan Gringsing kab.Batang semester I tahun 2013/2014. Hasil penelitian ini disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran Matematika SD terutama dalam menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dan dikembangkan dalam penelitian yang terkait dengan pendekatan pembelajaran dan penelitian hasil belajar siswa.