Efektivitas Penggunaan Metode Inquiry dengan Pembelajaran di Luar Kelas Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Gugus Bung Hatta Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Hingsih, Winantu |
---|---|
Other Authors: | Winanto, Adi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/788 |
Daftar Isi:
- Salah satu hal yang harus diperhatikan seorang guru dalam proses pelaksanaan tugas pengajaran yaitu penggunaan metode yang tepat dalam mengajar. Peneliti menggunakan metode inquiry dengan pembelajaran di luar kelas dalam penelitiannya dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode inquiry dengan pembelajaran di luar kelas terhadap hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa pada pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Gugus Bung Hatta Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok diberi pre-test untuk mengetahui keadaan awal, post-test dan angket untuk mengetahui perbedaan setelah diberi perlakuan, dan unjuk kerja pada kelas eksperimen untuk mengetahui hasil belajar psikomotor kelas eksperimen setelah diberi perlakuan metode inquiry dengan pembelajaran di luar kelas. Analisis data ranah kognitif dan afektif menggunakan uji homogenitas, normalitas, dan uji t sedangkan analisis data ranah psikomotor menggunakan analisis deskriptif. Untuk membuat kesimpulan dilihat dari hasil uji t yaitu uji beda kelas eksperimen dan kelas kontrol serta analisis deskriptif berupa hasil unjuk kerja siswa. Hasil penelitian ini setelah dilaksanakan analisis data hasil dari uji t dan deskriptif data. Diketahui probabilitas signifikasi ranah kognitif 0,001<0,05 dengan rata-rata untuk kelas eksperimen yaitu sebesar 80 dan rata-rata kelas kontrol yaitu sebesar 68,8 dan signifikasi ranah afektif 0,000<0,05 dengan rata-rata untuk kelas eksperimen yaitu sebesar 19,81 dan rata-rata kelas kontrol yaitu sebesar 16,81, maka terdapat perbedaan yang signifikan untuk pembelajaran dengan menggunakan metode inquiry dengan pembelajaran di luar kelas dengan metode konvensional. Serta hasil deskriptif data ranah psikomotor dengan rata rata skor unjuk kerja sebesar 48,77 dan termasuk kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inquiry dengan pembelajaran di luar kelas efektif terhadap hasil belajar hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa pada pelajaran IPA kelas IV SD.