Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Sifat-Sifat Cahaya Melalui Model Group Investigation di SD Negeri Getasan 01 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Sukardi |
---|---|
Other Authors: | Sulistyowati |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7871 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas 5 SD Negeri Getasan 01 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan guru sebagai observer dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Getasan 01 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 34 anak, terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan yaitu pertemuan pertama dan kedua dengan alokasi waktu masing-masing (2x35 menit) untuk menyampaikan materi tentang sifat-sifat cahaya dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan pertemuan ketiga dengan alokasi waktu (1x35 menit) untuk evaluasi yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa berbentuk skor. Teknik pengumpulan data yaitu tes. Teknik analisis menggunakan statistik sederhana yang terdiri dari persentase, skor minimal, skor maksimal dan rata-rata. Instrumen untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah tes evaluasi hasil belajar IPA dengan materi sifat-sifat cahaya yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan sebelum dilakukan tindakan kelas hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Getasan 01 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014 dari 34 siswa hanya 12 siswa (35,29%) yang memperoleh nilai diatas KKM, 22 siswa (64,71%) memperoleh nilai dibawah KKM, dengan nilai KKM yang ditetapkan sekolah 70. Setelah dilaksanakan tindakan siklus I terdapat peningkatan hasil belajar yaitu terdapat 20 siswa (58,82%) yang memperoleh nilai diatas KKM, 14 siswa (41,18%) yang memperoleh nilai dibawah KKM. Pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu 32 siswa (94,11%) memperoleh nilai diatas KKM, 2 siswa (5,89%) memperoleh nilai dibawah KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran IPA SD Negeri Getasan 01 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014