Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Siswa Kelas 5 SD Negeri Bulan Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Dewi, Evalina Puspita |
---|---|
Other Authors: | Sumiyarso |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7866 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya penguasaan kompetensi siswa yang mengakibatkan hasil belajar siswa kurang memenuhi KKM pada mata pelajaran IPA. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan guru memberikan materi dengan cara pembelajaran konvensional dengan metode ceramah pada mata pelajaran IPA sehingga perlu ditunjang dengan penggunaann model pembelajaran kreatif dan inovati melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) siswa kelas 5 SD Negeri Bulan Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung semester II tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dilaksanakan melalui dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Dalam setiap pertemuan diawali dengan tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan tang terakhir tahap refleksi. Variabel dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel tindakan berupa model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dan variabel terpengaruh berupa hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik non tes berupa observasi dan teknik tes berupa tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kondisi awal pra siklus sebelum dilakukan tindakan, dari jumlah siswa 25 sebanyak 32% atau 8 siswa yang dinyatakan sudah tuntas mendapat nilai di atas KKM > 70. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I dengan menerapkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) ketuntasan hasil belajar IPA siswa meningkat menjadi 68% atau 17 siswa yang sudah tuntas mencapai nilai di atas KKM > 70. Dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar IPA siswa meningkat mencapai 100% atau 25 siswa sinyatakan tuntas dengan nilai > 70. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Negeri Bulan Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung semester II tahun pelajaran 2013/2014.