Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Group Investigation (GI) dengan Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri Gedong 01 semester II Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Dwijayanti, Nunung |
---|---|
Other Authors: | Relmasira, Stefanus C. |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7863 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang tidak hanya bisa dilakukan dengan guru menjelaskan dan murid memperhatikan tetapi pembelajaran akan lebih baik dan menarik jika dipadukan dengan model pembelajaran dan media yang mendukung sehingga murid akan lebih antusias dalam mengikuti pelajaran, dapat juga menumbuhkan rasa ingin tahu dan siswa akan lebih aktif. Rasa antusias, ingin tahu dan keaktifan ini adalah salah satu kunci untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model Group Investigation (GI) dengan video pembelajaran dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Gedong 01.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini meliputi beberapa pertemuan, yaitu pada siklus I dilakukan dalam tiga kali pertemuan sedangkan pada siklus II dilakukan dalam dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan lembar observasi dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung dan dengan menggunakan tes pada akhir siklus I dan siklus II serta pemberian PR pada tiap akhir pertemuan yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa selam mengikuti kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model Group Investigation dengan video pembelajaran pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester II di SD Negeri Gedong 01 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat ditunjukkan dari peningkatan ketuntasan belajar pada kondisi awal atau pra siklus dengan siklus I dan Siklus II. Hasil belajar pada pra siklus adalah 52,9%, sedangkan siklus I 76,5% dan siklus II 100%. Peningkatan nilai rata – rata kelas pada kondisi awal adalah 65 sedangkan siklus I 72,9 dan siklus II 82,4.