Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Divisions (STAD) pada Siswa Kelas V SD Negeri Sepakung 03 Kecamatan Banyubiru Semester II Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Fatonah |
---|---|
Other Authors: | Susiyanto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7860 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri Sepakung 03 kecamatan Banyubiru Semester II Tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subyek yang diteliti adalah siswa kelas V SD Negeri Sepakung 03kecamatan Banyubiru. Model PTK yang digunakan mengacu pada model spiral dari C. Kemmis dan MC. Taggart. Pelaksanaan tindakan dilkaukan dengan menggunakan 2siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari 3 tahapan yaitu perencanaan, Implementasi RPP dan observasi, refleksi.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis ketuntasan dan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini Nampak pada hasil perbandingan antar siklus yakni skor rata-rata padakondisi awal 51,07, siklus I meningkat menjadi 75,5 dan naik menjadi 82 pada siklus ke II. Adapun ketuntasan hasil belajar klaksikal pada kondisi pra siklus sebesar 25%, siklus II meningkat menjadi 82,1% dan meningkat menjadi 96,4%. Sedangkan minimal pada kondisi prasiklus 20, meningkat menjadi 55 pada siklus I dan meningkat menjadi 65 pada siklus ke II. Sedangkan skor maksimal pada kondisi awal 90, siklus I masih tetap 90 kemudian meningkat menjadi 98 pada siklus ke II, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri Sepakung 03 kecamatan Banyubiru Semester II Tahun ajaran 2013/2014. Saran yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah hendaknya guru menggunakan strategi yang dapat menjadikan kegiatanpembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan terutama model pembelajaran STAD dalam mata pelajaran yang lain. Dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa harus terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Kepala sekolah hendaknya memotivasi guru dan menyediakan sarana dan prasarana agar dapat memberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif terutama model pembelajaran kooperatiftipe STAD.