Pengembangan Media Ajar Berbasis Multimedia Interaktif dengan Memanfaatkan Macromedia Flash Profesional 8 untuk Siswa Kelas V SD pada Mata Pelajaran IPA Topik Pesawat Sederhana
Main Author: | Mubin, Achmad Nurul |
---|---|
Other Authors: | Hardjono, Nyoto |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/786 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran dengan mendesain sebuah media pembelajran IPA dalam bentuk multimedia interaktif dan menguji kelayakan multimedia interaktif yang telah dikembangkan. Hipotesis penelitian yang diajukan yaitu penggunaan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dan didesain sedemikian rupa dengan program macromedia flash profesional 8 dalam pembelajaran akan menciptakan pembelajaran yang menarik dan interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada proses pembuatan media ajar multimedia interaktif mata pelajaran IPA topik pesawat sederhana yang meliputi uji pakar (expert judgment), uji coba terbatas (preliminary field testing) dan uji coba luas (main field testing). Untuk uji pakar sebagai pakar materi yang memvalidasi draft awal multimedia interaktif ini adalah Adi Winanto, S.Pd, M.Pd. dan pakar media adalah Stefanus C. Relmasira, S.Pd, MSEd:IT. Untuk uji coba terbatas dilakukan di SD Negeri 1 Pengkol sedangkan uji coba luas dilakukan di SD Negeri 1 Karangpaing dan SD Negeri 3 Lajer. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk multimedia interaktif IPA topik pesawat sederhana yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan nilai tes siswa yang menunjukkan rata-rata tinggi diatas KKM sebesar 70, maupun dari validasi pakar dan uji coba. validasi materi menunjukkan skor 3,6 yang berada pada kategori baik dan skor validasi pakar media sebesar 3,93 juga berada pada kategori baik. Hasil dari uji coba terbatas menunjukkan skor 4,5 masuk ke kategori sangat baik dan skor uji coba luas adalah 4,6 juga masuk ke kategori sangat baik. Media ajar berbasis multimedia interaktif ini disarankan dapat diterapkan pada pembelajaran IPA maupun mata pelajaran lain di sekolah dasar untuk materi-materi yang memungkinkan diajarkan dengan media ajar seperti ini. Sarana prasarana yang mendukung sangat dibutuhkan seperti perangkat komputer sehingga siswa dapat melakukan kegiatan pembelajarn yang interaktif dan menyenangkan secara mandiri.