Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas 5 SD Negeri Tirtomoyo Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Hanida, Prima
Other Authors: Harjono, Nyoto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Akuntansi FEB-UKSW , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7853
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa ternyata guru masih menggunakan metode konvensional sehingga pembelajaran lebih berpusat pada guru, hal inilah yang menjadikan siswa menjadi pasif karena siswa hanya mendapat informasi dari guru dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan penggunaan model Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SD N Tirtomoyo. Subjek penelitian sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian PTK kolaboratif dengan variabel terikat hasil belajar IPA dan variabel bebasnya adalah model talking stick. Jenis penelitian ini adalah peneli t ian t indakan ke las (PTK) atau (classroom action research). Model PTK y ang digunakan adalah model spiral dari Kemmis, S. dan Mc Taggart, R dengan menggunakan 2 siklus, masingmasing si klus terdi ri dari 3 kali pertemuan dengan tahapan 1) perencanaan tindakan, 2) pel aksanaan tindakan dan pengamatan, dan 3) refleksi. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan observasi. Instrumen penelitiamenggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan statistik deskriptif yakni membandingkan nilai kondisi awal , nilai siklus I dan nilai siklus II . Hasil yang di perol eh dalam peneli t ian ini adalah terj adi peningkatan hasil belajar IPA dari tiap siklus pada pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran talking stick. Hal ini ditunjukan oleh skor rata-rata pada pra siklus sebesar 62.9 dengan skor tertinggi 95 dan skor terendah 40, skor rata-rata pada siklus 1 adalah 75.1 dengan skor tertinggi 98 dan skor terendah 50, sedangkan skor rata-rata pada siklus II adalah 80.8 dengan skor tertinggi 100 dan skor terendah 58. Pada pra siklus ketuntasan belajar hanya dicapai oleh 9 dari 21 siswa yaitu sebesar 47%. Sedangkan pada siklus I ketuntasan belajardapat dicapai oleh 17 dari 21 siswa yaitu sebesar 81%, pada siklus II ketuntasan belajar dapat dicapai oleh 20 dari 21 siswa yaitu sebesar 95%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPA bagi siswa kelas 5 SD N Tirtomoyo, semester 2 tahun pelajaran 2013/2014.