Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Bringin 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Noviasih |
---|---|
Other Authors: | Winanto, Adi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7847 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan media pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SDN Bringin 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Selain itu juga untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SDN Bringin 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu (quasiexperimental research), dengan jenis yang dipilih adalah nonequivalent control group pretest-posttest design. Pada penelitian ini populasi yang digunakan adalah siswa kelas 5 SDN Bringin 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang yang jumlah keseluruhannya 49 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 5SD N Bringin 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang, yang masing-masih kelas berjumlah 24 siswa (kelas 5A) dan 25 siswa (kelas 5B). Teknik pengambilan anggota sampel melalui sampling jenuh mengakibatkan semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil penelitian ini setelah dilakukan dan dianalisis data hasil dari uji t dan deskriptif data. Diketahui bahwa rata-rata hasil nilai posttest yang diperoleh siswakelas eksperimen sebesar 85,6 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 75 dengan hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai t hitung > t tabel (5,608 > 2,012) dan probabilitas signifikan ranah kognitif 0,000 < 0,05, rata-rata skor keseluruhan penilaian observasi afektif kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (3,4 > 3,0), dan rata-rata skor keseluruhan penilaian observasi hasil belajar psikomotor kelas eksperimen sebesar 3,3 dan rata-rata skor keseluruhan penilaian observasi psikomotor kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (3,3 > 3,2). Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SD Negeri Bringin 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014.