Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Tuntang 02 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Pramudiyanti, Liana |
---|---|
Other Authors: | Wasitohadi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7840 |
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD Negeri Tuntang 02 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang semester II tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini ditandai siswa yang tuntas hanya 10 dengan persentase 31% dari keseluruhan siswa kelas 4 yang berjumlah 32 siswa. Hal ini terjadi akibat dari penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan bersifat teacher centered tidak sesuai dengan karakteristik siswa yang aktif. Banyak sekali metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa yang aktif salah satunya metode discovery learning. Berdasarkan latar belakang masalah, tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas 4 SD Negeri Tuntang 02 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang semester II tahun pelajaran 2013/2014 melalui metode discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang mengadaptasi model Kurt Lewin dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (acting), (3) observasi (observasing), dan (4) refleksi ( reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SD Negeri Tuntang 02 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang semester II tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menerapkan metode discovery learning dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa tes yang berbentuk uraian, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta lembar wawancara guru. Analisis data dilakukan melalui 2 tahapan yaitu analisis ketuntasan dan analisis komparatif. Penelitiaan ini menetapkan indikator kinerja sebesar 85% siswa mendapat nilai = KKM, yaitu 62. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD Negeri Tuntang 02 berhasil. Ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar matematika di setiap siklusnya setelah menerapkan metode discovery learning dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan sebelum dilakukan tindakan (pra siklus) siswa yang tuntas mencapai 31% dengan rata-rata 50,06 setelah dilakukan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas yaitu 72% dengan rata-rata 65,47 kemudian hasil belajar terus meningkat pada siklus II dengan jumlah siswa yang tuntas 87% dengan rata-rata 82,5 dan sudah mencapai indikator kinerja hasil belajar yang ditetapkan.